Jumat, 04 Mei 2012

PIDATO ABOUT GLOBAL WARMING ISSUE


Mewujudkan Reboisasi, Menekan Global Warming
Om Swastiastu
Yang terhormat Bapak Mentri Kehutanan Indonesia.
Yang kami hormati Bapak Gubernur Bali.
Serta hadirin yang berbahagia.
            Pertama-tama, marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Ida Sanghyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa karena berkat Asung Kertha Waranugraha Ida, kita dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat jasmani dan rohani dalam rangka “mewujudkan reboisasi, menekan global warming”.
            Hadirin yang kami cintai dan kami banggakan,
Sejak zaman sejarah sampai sekarang, manusia selalu mengalami perkembangan dalam setiap periode waktu yang dilewatinya. Saat itu manusia menjalani kehidupan hanya bermodal pertanian dan agrikultural. Tetapi Manusia sekarang telah mengalami zaman revolusi industri yang tergantung pada bidang perindustrian. Semakin manusia berkembang di bidang industri membuat perubahan besar. Seperti terjadi perubahan nilai-nilai kehidupan manusia, terutama dalam interaksi manusia dengan lingkungannya. Perubahan-perubahan yang terjadi ini menghasilkan dampak positif maupun negatif. Salah satu dampak revolusi industri yang telah terjadi sampai sekarang adalah pemanasan global atau global warming.
Global warming merupakan sebuah masalah yang sekarang menjadi pokok pembicaraan di media massa. Global warming atau pemanasan global merupakan proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan bumi. Global warming tidak akan pernah terjadi apabila manusia peduli dengan lingkungan tetapi kenapa mesti sebaliknya, kenapa manusia sendiri yang ikut-ikutan menebang hutan sembarangan sehingga masalah sekecil itu dapat memicu terjadinya global warming.
Katakan stop global warming dan jadilah sahabat Bumi.
Hadirin yang terhormat,
Beberapa faktor utama yang menjadi penyebab terjadinya global warming terus meluas dibedakan menjadi 2 yaitu faktor alam dan faktor penghuninya. Dilihat dari segi faktor alamnya, seperti pepatah orang indonesia mengatakan bahwa “rumah” kita ini sudah banyak sekali merasakan asam garam “kehidupan”. Kenapa demikian?, itu artinya sudah banyak sekali spesies yang terlahir ke dunia dan juga banyak yang punah di planet ini, hal itu disebabkan oleh perubahan suhu secara mengglobal dari periode waktu ke waktu.
Penduduk bumi sekarang sudah mencapai 7 miliar orang, belum lagi makhluk hidup lain yang tidak kalah banyaknya. Semua itu tentu terlibat dalam masalah ini. Secara umum, global warming disebabkan oleh beberapa hal seperti meningkatnya emisi gas karbon merupakan gas berbahaya berasal dari asap motor maupun pembakaran yang dapat mengancam bumi. Penggunaan gas yang terlalu berlebihan menyebabkan terjadinya efek rumah kaca, selain itu  masih banyak dalam penggunaan gas CFC terlalu berlebihan di bumi sehingga ketika gas itu terlepas ke udara, gas itu sulit diuraikan sehingga dapat berpengaruh terhadap berlubangnya lapisan ozon.
Hadirin yang kami hormati,
Di dalam menghadapi masalah global warming, kita hanya bisa mencegah sebelum pemanasan global itu menjalar. Berbagai solusi yang dilakukan selama ini masih belum berpengaruh besar pada pemanasan global tetapi sebaliknya, kita hanya bisa lakukan pencegahan apabila semua manusia peduli dengan lingkungan dan mau ikut berpartisipasi dalam menggalakkan program penghijauan. Hal kecil berdampak besar dapat dilakukan oleh setiap orang untuk mencegah global warming yaitu dengan menanam pohon di sekitar pekarangan. Dimulai dari hal kecil lama-kelamaan akan berpengaruh sangat besar bagi bumi ini. Selain melakukan reboisasi dan penghijauan ada beberapa solusi untuk meminimalisir adanya global warming yaitu dengan mendaur ulang barang-barang bekas, membeli product dalam kemasan besar artinya ketika membeli barang, tidak terlalu menghasilkan banyak sampah dari sisa produk tersebut, mengurangi penggunaan gas CFC maupun emisi gas karbon, meminimalisir pembakaran sampah, mengurangi menebang pohon sembarangan.
Hadirin yang kami banggakan,
Dalam mengatasi masalah global warming, tidak dapat dilakukan oleh individu saja tetapi, itu sebaiknya diikuti oleh berbagai kalangan. Sebagai manusia sebaiknya lebih peduli terhadap lingkungan karena dimulai dari menjaga lingkungan, maka kita dapat memperpanjang umur bumi dan global warming akan mudah diatasi. Jadi, global warming merupakan peristiwa yang dapat mengancam bumi kita, kalau kita tidak bergerak dari sekarang jangan salahkan kalau peristiwa pemanasan global mengancam kita semua. Oleh karena itu, jika engkau memang manusia yang peduli terhadap semua yang ada di sekitar kita, marilah dari sekarang ulurkan tanganmu untuk mewujudkan Bumi yang hijau dan terbebas dari global warming.
      Katakan stop global warming!
Demikianlah pidato yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini dalam rangka “mewujudkan reboisasi, menekan global warming” semoga pidato yang kami sampaikan bermanfaat bagi kita semua. Apabila ada beberapa hal yang kurang berkenan mohon dimaafkan dan akhir kata ”marilah wujudkan penghijauan untuk anak dan cucu kita di hari nanti”.
      Katakan stop, stop global warming!!

Om Shanti, Shanti, Shanti Om



Tidak ada komentar:

Posting Komentar